Tanya Kulkas Gellacio (glacio) 1 pintu

Assalamualaiqum pak rudi salam hangat dari banjarmasin.saya mau tanya kulkas gellacio 1 pintu comp merek tushiba ketika saya colokan ke stopkontak tiba2 mcb meter langsung jegleg. Terus saya cek ohm dari 3 soket csr ke body tidak ada hambatan.terus saya ukur ke3 soket tsb normal ada hambatan.sprt yg pak rudi jelaskan di atas. Dan saya lepas soket yg menempel di relay dan overload saya ukur dgn 250v avo.menghasilkan daya kurang dari 200v sktr 150-170v. Pertanyaan nya apakah listrik dirumah tsb yg tidak mampu atau comp nya yg ngshort atau konslet. Dan saya pastikan untuk mengukur arus listrik di stopkontak langsung untuk memastikan berapa volt sebernya.al hasil sama kurang dari 200v.. Saya coba untuk mengganti overload nya tp masih jegleg.dan 1 pertanyaan lagi di relay itu ada 2 soket masing2 ke2 nya ada fase nya.sedangkan saya belajar dulu cuman ada 1 soket kabel.. Mohon bantuan nya pak rudi makasih


Jawab :
Sungguh berat beban kerja kulkas anda karena hanya mendapat tegangan diambang batas toleransi terendahnya, meskipun kulkas masa kini memiliki kemampuan bisa tetap jalan di tegangan lebih rendah dari 220V tetapi untuk jangka waktu yang lama tentulah kompresornya tidak akan tahan juga, Berdasarkan pengalaman bisa disimpulkan bahwa kondisi kompresor kulkas anda sekarang dalam keadaan konslet ringan, saya sebut konslet ringan karena ketika diukur resistansinya seperti baik-baik saja namun ketika ada tegangan listrik masuk kompressor tidak mau hidup karena medan magnet yang tercipta tidak benar, hal ini membuat beban amper tinggi melampaui kemampuan MCB yang akhirnya jeglek (MCB off). konslet ringan biasanya hanya terjadi hubungan singkat antara 1 atau 2 helai kawat Starting dengan Running nya saja, berbeda dengan konslet berat yang bisa menghanguskan seluruh kawat email yang ada, pertanyaan mengenai Relay akan saya ulas di post yang lain.


Komentar

  1. Pak Rudi, saya baru 2 bulan beli kulkas tosibha glacio, bberapa hari yang lalu, tiap kompresor mati selalu muncul bunyi tek tek...yang tidak normal. Padahal sebelumnya posisi kulkas tidak ada berubah dan kulkas berfungsi normal. Kira-kira apa yang menyebabkan bunyi tersebut? Terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin ada sesuatu yang bersentuhan dengan kompressor karena pada saat mau mati dan hidup getaran kompresor cukup kuat walau cuma sesaat.

      Hapus

Posting Komentar

- Klik "Muat Yang Lain...." untuk melihat lebih banyak komentar.
- Silahkan berkomentar atau ajukan pertanyaan yang sesuai dengan artikel.