Kulkas 1 pintu Sanyo

Tabung hitam mungkin maksudnya kompresor ?
Pak mau nanya saya punya kulkas 1pintu merk sanyo..tadi pagi kan saya kuras bunga es.nya tebel..trus kulkas saya cabut stekernya.saya buka pintunya..setelah sudah bersih saya nyalain lagi kulkasnya..nyala tapi tidak dingin kenapa ya pak??tabung hitam dibelakang getar setelah 5detik tidak ada getaran??
Arik Bendol

Jawab :
Untuk mencairkan bunga es sebaiknya kulkas dimatikan dari
termostatnya, putar pengatur suhu tersebut ke arah kiri sampai mentok yang ditandai dengan kedua titik berada sejajar atau pada beberapa tipe kulkas cukup dengan menekan tombol defrost yang tersedia, silahkan lihat di contoh gambar, hal ini untuk mengantisipasi cara pemasangan steker kembali yang terlalu cepat waktunya, goyah atau tidak langsung pas tersambungnya.
Bila sudah terlanjur, setelah es habis mencair maka sebelum dipasang periksa dulu stop kontak dan steker kulkas apakah masih dalam kondisi baik atau tidak jika tidak maka perbaikilah, penting untuk diingat bahwa kompresor kulkas harus diberi jeda atau tenggang waktu yang cukup kira-kira 3 sampai 5 menit setelah terputus dari sambungan listrik untuk bisa start dan hidup kembali apabila hal itu tidak terpenuhi maka kompresor akan sulit hidup sehingga harus menunggu lebih lama lagi bahkan bisa menimbulkan kerusakan.

Komentar