Kode Error 5E

Salam kenal Pak Rudi, Samsung front load tiba2 ngadat krn air cucian tdk bisa terbuang. Kode error 5E. Saat dicoba tanpa pakaian kotor utk spin, bisa. Namun saat utk wash-rinse-spin, error. Kalau mau dibetulkan sendiri, tanpa teknisi, bisa tdk Pak ya? Bagaimana caranya? Terimakasih Pak.
Lisa S

Jawaban :
Ibu Lisa S, kode error tersebut menunjukan bahwa telah terjadi malfungsi pada sistem drainase, berikut saya paparkan apa yang saya kutip dari buku manual dan minta bantuan suami,saudara laki-laki atau lebih baik ya seorang teknisi saja untuk mengerjakannya, sebelumnya matikan mesin dan lepaskan stop kontak listrik agar terhindar dari hal buruk yang mungkin terjadi, siapkan juga baskom atau wadah air yang tidak terlalu tinggi untuk menampung air buangan jika didalam mesin masih cukup banyak air (lihat gambar).

- Buka penutup filter/saringan kotoran (A) dibagian bawah-kanan mesin.
- Congkel menggunakan kunci atau obeng.
Setelah penutup terbuka peganglah sebuah selang kecil (C) dan tarik salahsatu ujung yang ada penutupnya lalu arahkan ke wadah air kemudian buka penutupnya (B) dengan cara ditarik supaya air yang terjebak bisa keluar melalui selang tadi.

Langkah selanjutnya ialah membuka Filter (D) dengan cara memutarnya ke kiri atau berlawanan arah jarum jam lalu tarik pelan-pelan keluar.

Bersihkan filter dari segala macam kotoran dan gunakan sikat gigi bila diperlukan, pastikan bahwa tidak ada benda yang tersangkut di baling-baling pompa pembuangan (lihat melalui lubang tempat filter), setelah proses pembersihan selesai maka bisa dilakukan pemasangan kembali dengan urutan kebalikan daripada proses sebelumnya,
Setelah melewati proses tadi jika tidak ada hal lain biasanya error akan hilang dan bisa digunakan kembali seperti biasanya.

Komentar