Sensor Thermostat Patah

Salam knl mas,,, mo tanya selang Thermostat kulkas sy ujungny patah sdikit ktka di bershin n kulkas jd gk nyala.... stlah sy bongkar Thermostat bagian kabelnya sy langsungin saja dn kulkas nyala kmbli... tmpa mmakai Thermostat... kiw bikin rusak mesin kulkas tidk. trma ksih mas.
Ditanyakan oleh :
Pada :

Mungkin maksud anda itu sensor termostat yang berbentuk seperti kawat, itu sebenarnya adalah pipa kecil yang lunak karena terbuat dari


tembaga dan didalamnya mengandung mercury atau air raksa, jika bagian ini terpatahkan akan membuat termostat rusak dan tidak berfungsi sebagai pengatur suhu, jika dibiarkan seperti yang anda lakukan akan membuat kompresor kulkas terus menerus jalan, kulkas menjadi terlalu dingin dan akan mengakibatkan kerusakan lainnya. 
Kesimpulannya jika Sensor Thermostat Patah maka sebaiknya beli yang baru sesuai aslinya tetapi jika barang original tidak ada bisa diganti dengan termostat aruki seperti pada gambar karena biasanya tersedia di hampir semua pedagang alat-alat pendingin.

Komentar

  1. oo bgtu .. ok mas mksh infony ,,

    BalasHapus
  2. asalamualaikum...
    mas ... sya dh bli termostat yg baru merk aruki... sprti pda gambar.. dan sudh saya pasng alhamdulilah bsa.. cma sy pgen tnya men plus pda soket trmostat ny ngaruh tidak mas... takutny salh pasang .
    mksh. .

    BalasHapus
  3. mas... mau tnya lgi.. sya dh beli termostat baru aruki sprti gmbar... untk pemasangny -/+ nya pda socet trmostat ngaruh tidk.. soalny tkut slh pasang. .
    mksih mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. pemasangan soket terbalik itu tidak masalah

      Hapus
  4. Klo pipa sensornya bocor apa bisa di las? Mohon infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa, hanya masalahnya bagaimana cara kita memasukan air raksa ke dalamnya.

      Hapus
  5. Assalamualaikum, bang kulkas saya kawat termostat ny patah, kulkas jadi ga hidup,car benerin nya gimana bang,terima kasih.

    BalasHapus
  6. Wa'alaikumussalam,
    kalau kawat (sebenernya pipa tembaga kecil) nya patah berarti air raksa nya terbuang / menguap, kita jadi tidak akan bisa hanya dengan cara memperbaiki pipa yang patah saja, diganti saja termostatnya dan sebaiknya yang bekas dibawa supaya jadi contoh saat beli ke toko penjual nya.

    BalasHapus
  7. Oh gitu yang bang,maaf bang nanya lg emang pengaruh ya kalau kawat termostat nya patah jadi kulkas mati total,terima kasih bang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, kulkasnya jadi mati, penjelasan nya begini, termostat terdiri dari beberapa komponen yang antara lain pipa kecil yang patah tadi, membran, kontaktor dll untuk menyambung dan putuskan listrik, jika salah satunya rusak ya kulkas jadi mati karena kontaktor tidak aya daya tekan dari membran dan selanjutnya komponen yang lain juga jadi tidak berfungsi.

      Hapus
  8. termostar pada kulkas saya patah dan masih menyala..
    yang saya tanyakan apakah pengatur suhu di kulkas masih berfungsi atau tidak..? dan kalau tidak bagaimana efeknya

    BalasHapus
  9. Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh, pak kulkas di rumah kami wadah kabel di bawah freezer lepas kabelnya juga ikut lepas. Tapi bisa dipasang dan kulkas tetap menyala dan tetap dingin. Yang ingin kami tanyakan: apakah kabel yang lepas ini sudah termasuk rusak (patah dll)? Atau kulkas kami tidak masalah/tidak rusak?

    Terima kasih pak.

    BalasHapus
  10. mas maaf mau tanya...cara pasang termostat yg baru gimana ya... soalnya kawatnya kok panjang bngt...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau tidak bisa ditukar dengan yang sesuai ya sudah tidak masalah asalkan kawatnya itu di masukin selang kecil buat sirkulasi aquarium saja seperti aslinya kemudian digulung agar tidak mengganggu.

      Hapus
  11. Mas. Mau tanya apakah termostat kulkas bs dipakai untuk mesin cup sealer atau mesin press? Trimakasih

    BalasHapus
  12. Mohon bertanya kebetulan batang thermostat yang berisi air raksa dikulkas saya entah mengapa ada yang menyeggol dan terlepas. untuk menempelkannya kembali ke posisi semula ditempelkan pada bagian yang mana ya mas? atau bisa saya tempelkan dimana saja ke bagian lempengan freezernya? terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sensor termostat kulkas generasi sekarang memang mudah copot karena tidak di jepit dan di baut dengan kuat supaya tidak mudah lepas, sensor ini umumnya hanya diselip atau ditempel pakai penjepit plastik pada bagian bawah dan sisi belakang freezer, tidak direkomendasikan ditempel di area lain karena akan kurang efektif.

      Hapus

Posting Komentar

- Klik "Muat Yang Lain...." untuk melihat lebih banyak komentar.
- Silahkan berkomentar atau ajukan pertanyaan yang sesuai dengan artikel.