9 Kode error mesin cuci Hitachi


 

Pembaca yang budiman kali ini kembali saya sharing tentang kode error mesin cuci, yang saya pilih sekarang yaitu mesin cuci  Hitachi. ada 9 kode yang saya himpun dan posting  disini, seperti biasanya rangkuman ini hanya sekedar berbagi sebelum anda memanggil teknisi mesin cuci dan serahkan urusan mesin cuci rusak anda kepadanya.

Cara mengetahui kode error mesin cuci nya bisa anda lihat pada display di mesin cuci hitachi anda, bila kode itu muncul mesin akan terdiam dan tidak meneruskan proses mencuci nya, list kode berikut kemungkinan penyebab dan solusinya silahkan anda lihat dibawah ini :

  1. C01. Tidak ada air yang cukup didalam drum untuk memulai proses mencuci, periksalah saluran air anda yang terhubung ke mesin.
  2. C02. Air di dalam drum tidak bisa terbuang (drain), periksa Filter/Selang/Pompa pembuangan 
  3. C04. Program Spin tidak berfungsi karena mungkin beban terlalu berat, cucian menggumpal atau mesin tidak seimbang/bergetar karena berada diatas lantai yang tidak rata.
  4. C08. Pintu tidak terkunci dengan benar, ulangi proses dan pastikan sebelumnya bahwa pintu ditutup dan terkunci rapat.
  5. C09. Pintu tidak bisa dibuka, ini salahsatu akibat jika mencuci melebihi kapasitas yang membuat pintu terdorong dari dalam, matikan (off) dulu mesin lalu tekan pintu dan tahan dalam posisi itu sambil menghidupkan (on) kembali mesin dan tunggu sampai kunci terlepas dengan sendirinya.
  6. C14. Sensor menangkap sinyal aktifitas yang tidak normal baik mekanikal maupun elektrikal pada mesin atau alat lain.
  7. C18. kode ini menunjukan hal yang sama dengan kode C04 (tidak Spin) tetapi penyebabnya sama dengan kode C02 dan satu kemungkinan tambahan yaitu terlalu banyak busa saat mencuci.
  8. C19. Beban berlebih, inilah kode yang sebenarnya menunjukan bahwa kita terlalu banyak memasukan cucian kedalam mesin, ulangi proses setelah anda mengurangi jumlah cuciannya.
  9. C30. Air mengalir keluar saat proses mencuci, periksa selang pembuangan dan pastikan bahwa selang ini tidak menjulur ke lantai (lihat cara instalasi selang pembuangan mesin cuci front load).

Komentar

  1. kode error c09
    terus di paksa buka penutup
    kalau begini gimana perbaikan
    mohon bantuan nya
    terimaksih

    BalasHapus
  2. Maaf nih saya bukan komen. Tapi mau bertanya. Bagaimana cara meriset mesin cuci Hitachi ini???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cukup cabut colokan listriknya dan biarkan beberapa saat, jika tidak ada masalah biasanya settingan kembali ke awal.

      Hapus

Posting Komentar

- Klik "Muat Yang Lain...." untuk melihat lebih banyak komentar.
- Silahkan berkomentar atau ajukan pertanyaan yang sesuai dengan artikel.