Cara Membaca Kode Overload


Dear pembaca blog Bengkelmania artikel saya kali ini tentang Cara Membaca Kode yang tertulis pada Overload, nama lengkapnya Overload protector atau yang biasa terdengar dalam bahasa percakapan antar teknisi sepertinya lebih nyaman disebut overlud ini banyak macamnya tetapi akan saya sharing dulu untuk tipe seperti yang pada gambar yaitu model 4TM Klixon, model ini lebih populer karena selain harganya murah, simpel dan tersedia dimana-mana
Saya merasa perlu berbagi mengenai hal ini dengan pembaca karena
hal tadi dan juga karena ada beberapa pertanyaan yang belum sempat saya jawab dari pembaca melalui kolom komentar, seperti yang bisa anda lihat dalam gambar tertera deretan angka dan huruf 189THBYY dan -53 HCF3K pada bidang berwarna putih yang jika saya uraikan berikut artinya adalah :




- 189 adalah tiga angka yang menggambarkan kode pemanas, nilainya berbeda-beda tergantung kapasitas kompresor.
- THB merupakan kode yang menunjukan suhu kerja, kode ini pun berbeda2 tergantung kebutuhan, untuk kode THB sendiri akan off pada suhu 140 derajat dan akan on kembali pada suhu 69 derajat selsius.
- YY menunjukan kapasitas kontaktor atau di design untuk 220V/20amp dan kode yang lain adalah ZZ untuk 120V/32amp.
- -53 artinya overload ini memiliki pin konektor ditengah, -52 untuk pin konektor di sisi dan -51 untuk yang memiliki 2 pin konektor.
- Dan kode lain-lainnya adalah kode-kode yang tidak berhubungan secara spesifik karena hanya menunjukan kode produksi, tanggal produksi dll.

artikel terkait : Relay PTC

Demikian penjelasannya semoga selalu bermanfaat bagi kita semua.



Komentar