Pengertian vakum bodi pada kulkas


Filter 2 lubang
Sebelum mengisi freon ke unit pendingin kita wajib melakukan vakum supaya zat pendingin yang mengisi sistem benar-benar murni atau tidak tercampur zat lain dan yang paling penting didalam proses vakum ini adalah mengeluarkan kandungan air yang mungkin terbawa masuk bersama udara jika kita membiarkan sistem sirkulasi freon kulkas yang diperbaiki terbuka terlalu lama, tekanan yang harus dicapai ketika memvakum adalah tekanan hampa hingga -30psi atau lebih, dengan tekanan sehampa itu
pada suhu kamar maka air akan menguap dan ikut terbawa keluar bersama udara, mesin khusus untuk melakukan langkah ini yaitu Pompa Vakum (Vacuum Pump)  namun bisa juga pakai mesin lain seperti kompresor kulkas, kompresor angin (dengan modifikasi) atau dengan kompresor kulkas itu sendiri yang populer dikalangan teknisi pendingin dengan sebutan vakum bodi.
Vakum body ini sebenarnya tidak mampu mengeluarkan semua udara dan air karena yang akan dikeluarkan hanya yang ada di kompresor itu sendiri dan evaporator namun kita bisa menutup kekurangan cara ini dengan mengisikan sedikit freon dan membiarkan freon tersebut keluar lagi melalui kapiler pembuangan, sebelum melakukan vakum seperti yang telah diterangkan diatas mungkin pembaca sudah mengetahui langkah-langkah awalnya namun jika ada yang belum faham boleh saya uraikan disini untuk kulkas yang telah melakukan perbaikan kebocoran sistem, mengganti kompresor dll :

Macam-macam filter
- Gantilah filter atau strainer dengan kualitas terbaik dan mengandung molecular sieve.
- Kuraslah sistem menggunakan freon R-11 atau freon jenis lain yang lebih ramah lingkungan (rekomendasi).
- Isikan freon sesuai jumlah (berat) di nameplate dan yang cocok atau direkomendasikan saja.
- Khusus untuk freon R-600 atau dengan jenis bahan hidrokarbon lainnya dilarang menyalakan api ketika proses pengisian dan ketika penutupan pada pipa pengisian yang biasanya pakai las itu dilarang untuk freon jenis mudah terbakar tersebut karena akan sangat berbahaya.
Demikian ulasan pada artikel saya kali ini semoga bermanfaat, silahkan berkomentar dan berdiskusi untuk sharing pengalaman dan guna lebih memperdalam ilmu kita.

Terima kasih.

Komentar

  1. Selamat siang pk.alhamdulillah...akhir2 ini sy banyak belajar dari bpk.beberapa kulkas dan freezer box,sudah berhasil sy tangani,termasuk penggantian compressor.
    untuk kali ini,sy ada problem lagi pk.yaitu:....
    sy melakukan penggantian compressor freezer-box 260liter.semua prosedur sudah saya laksanakan,sesuai arahan bapak.namun,pada saat pengisian freon,body kulkas sempat panas.tapi saya cek tekanan pada saat kulkas mati,normal alias naik mencapai 80 psi.
    Kondisi saat ini,setelah running 3 hari,kulkas bila pertama kali hidup,setelah cabut listrik cukup lama,body luarnya panas(hingga mencapai suhu 45 c,terukur di thermometer).,dan di sekitaran filter terasa sangat hangat.ruangan di dalam pun,terasa sangat cepat dingin.
    tapi,ketika suhu ruang sudah tercapai,dan compressor off untuk yg pertama,kondisi berangsur-angsur normal.dan seterus nya,kulkas normal,body tidak panas,dan ruangan sangat dingin.
    mohon pencerahannya pk....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya mengucapkan terima kasih kepada bkelektrik atas dukungannya untuk blog ini.
      untuk pertanyaan anda kali ini bisa saya jelaskan bahwa jika untuk pertama kalinya kulkas atau freezer dijalankan memang akan terjadi panas yang tinggi pada kondensornya, penyebabnya karena kalor/panas diruang dalam kulkas sangat tinggi apalagi jika sudah ada beban pendinginan di dalamnya (telah diisi bahan makanan dll) maka kondensor akan melepas panas lebih lama dan lebih tinggi dibandingkan ketika ruang penyimpan (evaporator) telah dingin/beku).
      Setelah beberapa jam berjalan maka suhu kondensor akan terus menurun sebagai tanda bahwa suhu evaporator pun telah mendekati titik beku berikut beban nya dan disaat itulah bisa kita simpulkan bahwa kulkas sudah mencapai suhu kerja yang ideal.
      Demikian penjelasan saya semoga bermanfaat.

      Hapus
  2. الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ.....
    Terima-kasih saya pk,justru banyak terbantu.semoga blog nya makin maju...

    BalasHapus
  3. Mas,, pertanyaan saya sama seperti mas,bkelektrik, bedah nya freezer awalnya normal setelah 15 menit off selanjutnya begitu juga, batu es didalam tidak sempat beku, kira2 apa yg salah,mohon pencerahannya,tks ....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kang Iwan Jaya, saya sudah membaca komentar anda juga terkait hal yang sama di post "Kulkas Dingin Sebagian", ini jawaban saya :
      Biasanya hal itu menendakan bahwa freezer tersebut sekarang kurang "Tajam" dinginnya, idealnya Freezer harus bisa membekukan sampai minimal -20 derajat tetapi mungkin karena suatu hal nilai segitu tidak tercapai dan biasanya yang saya alami bisa disebabkan oleh :
      Evaporator tidak dikuras (flushing) untuk membuang kadar air yang masuk ketika evaporator tersebut bocor termasuk juga kotoran bahkan mungkin oli kompresor juga banyak memenuhi saluran evaporator sehingga mengganggu proses penguapan freonnya.
      Demikian Kang, semoga bermanfaat.

      Hapus
  4. salam knl mas,,, mo tanya selang Thermostat kulkas sy ujungny patah sdikit ktka di bershin n kulkas jd gk nyala.... stlah sy bongkar Thermostat bagian kabelnya sy langsungin saja dn kulkas nyala kmbli... tmpa mmakai Thermostat... kiw bikin rusak mesin kulkas tidk. trma ksih mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas budi yono silahkan dilihat jawabannya di post ini :
      http://bengkelmania.blogspot.com/2016/05/sensor-thermostat-patah.html

      Hapus
  5. Mas knapa saat vacum stainer mytil mlah tersedot habis pfahal gelembung masih ada?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya ini terjadi pada kompresor kulkas atau freezer ukuran besar, tidak masalah

      Hapus
  6. Salam kenal pak.. Pak kalau setekah proses pemvakuman ternyata setelah dibiarkan seharian tekanannya naik, apakah alat tersebut bocor ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika anda yakin dengan peralatan anda seperti selang dan manifold nya masih baik maka bisa dipastikan kalau kulkasnya memang bocor.

      Hapus
  7. Salam kenal,maaf saya mau tanya.apa batul jika sensor termostat patah/putus,lalu kompresor bisa mati? Mohon penjelasannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar, kompresor kulkas akan mati jika kapiler sensor termostatnya patah, karena didalam pipa kecil tersebut ada air raksa dan sejenis gas yang akan bocor keluar, kapiler ini terhubung ke membran yang akan mengkerut dan berakibat switch nya menjadi off.

      Hapus
  8. salam kenal... tekanan freon di freezer saya saat batu nyala berkisar di 20psi... namun setelah nyala agak lama (30menitan) jarum di manipol malah turun dibawah 0...
    setelah beberapa saat jarum manipol naik lain dan kompresor sbntarl lg mati karena suhu evaporator sdh beku... apakah jarum manipol turun sampek dbawah 0 it normal gan?
    mksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak normal, kemungkinan freezer bocor dan mengandung banya uap air di evaporator, uap air yang berkumpul pada satu titik menjadi banyak dan menyumbat evaporator/kapiler akan terjadi pembekuan didalam itulah yang membuat meter manifold menunjukan vakum.

      Hapus
    2. Assalmulaikum pak saya mau bertanya. pada saat kulkas di hidupkan terus ada suara air di prizzernya tapi tidak menimbulkn dingin pada saat di kecilkan suhunya eh suara itu mati trus saya putar sampe max suaranya tida muncul lagi, tp kalau kulkasnya di cabut trus di colokin lagi suara nya muncul lg tp tetap tidak dingin kerusakanya kira kira apa pak

      Hapus
  9. salam gan... saat evaporator sudah dingin jarum manipol turun sampe dibawah nol... sesaat kemudian jarumnya naik lg... trus relay memutus arus karena suhu sdh sampe pd batas yg dset temperatur sensor... apakah turunnya jarum manipol dibawah nol sprt di atas it normal ya gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. -Tekanan pada pipa hisap (suction) sebaiknya jangan sampai minus, ini jadi indikasi kalau sistem kurang freon, kompresor kebesaran atau sistem kotor/mengandung uap air.
      - Yang memutus arus ke kompresor itu termostatnya jika suhu sudah sesuai settingan.
      sudah saya jawab paling atas.

      Hapus
  10. Assalmulaikum pak saya mau bertanya. pada saat kulkas di hidupkan terus ada suara air di prizzernya tapi tidak menimbulkn dingin pada saat di kecilkan suhunya eh suara itu mati trus saya putar sampe max suaranya tida muncul lagi, tp kalau kulkasnya di cabut trus di colokin lagi suara nya muncul lg tp tetap tidak dingin kerusakanya kira kira apa pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya mengira bahwa freezer kulkas anda sudah terdapat banyak oli di dalam Evaporatornya.

      Hapus

Posting Komentar

- Klik "Muat Yang Lain...." untuk melihat lebih banyak komentar.
- Silahkan berkomentar atau ajukan pertanyaan yang sesuai dengan artikel.