Mesin cuci airnya ngocor terus

Bagi sahabat Bengkelmania pemakai mesin cuci model dua tabung mungkin pernah ada yang mengalami air cuciannya habis (bocor) sebelum proses mencuci selesai, akan saya ajak anda untuk mengetahui salah satu contoh soal penyebab nya .... siapa tahu anda sebenarnya bisa mengerjakannya sendiri.
Langkah pertama yaitu membuka penutup bagian belakang pada mesin cuci anda dan cari bagian seperti pada gambar pertama disebelah kiri, buka dengan cara
diputar berlawanan arah jarum jam lalu angkat atau lepaskan dari dalam akan anda lihat katup karet penyumbat yang sobek atau terganjal macam-macam pernak pernik pakaian atau bisa saja uang recehan yang tidak sempat anda keluarkan saat proses mencuci dimulai, jika memang tersumbat silahkan bersihkan tetapi jika katupnya rusak bisa diganti baru lalu pasang kembali semua dengan langkah kebalikan pada saat anda membuka nya.

Komentar

  1. Salam Pak Rudy
    Saya punya mesin cuci electrolux ewt 905. Pada saat beroperasi, tiba2 mesin mati total, padahal listrik menyala. Apa penyebab dan bagaimana solusinya?
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear pak Rahmat yth, pastikan pintu ditutup selalu pada saat beroperasi,non aktifkan program DELAY atau SOAK, jalankan proses mencuci dengan program standar.
      Demikian penjelasannya, semoga bermanfaat.

      Hapus
  2. Masalahnya Pak Rudi, mesin cucinya sudah benar2 mati total, gak bisa dihidupkan lagi. Sudah saya cek kabel2nya, tdk ada yang lepas ataupun terbakar. Apakah ada bagian dalam (spare part) nya yang rusak/ terbakar dan harus diganti? Mohon penjelasannya, terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear pak Rahmat yth. mohon maaf bila jawaban saya sebelumnya kurang relevan, mesin cuci yang tiba-tiba mati dan tidak bisa diaktifkan lagi kemungkinan terbesar adalah sikring yang terputus, apabila diyakini bahwa supply listrik, kabel dan soket-soket nya baik-baik saja, lalu kemungkinan terakhir adalah modul/PCB nya, modul ini apabila kerusakannya belum meluas sampai IC (kecuali tersedia pengganti) biasanya masih bisa diperbaiki namun kalau sudah terlalu sulit diperbaiki modul ini tersedia atau dapat dipesan di service centre resmi nya, sementara penyebab kerusakan pada umumnya dikarenakan tegangan listrik yang tidak stabil atau tegangan terlalu tinggi/lonjakan diluar batas toleransi.
      Demikian penjelasannya pak Rahmat, semoga masalah anda cepat teratasi.

      Hapus
  3. Pak mesin cuci saya electrolux lubang didepan, bocor dr bawa ketika memasukan air sabun pertama kali, kira2 masalahnya dmn ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear ibu Devi ..
      Menurut saya kurang jelas dengan ungkapan bocor dari bawah ketika memasukan air sabun pertama kali ini, apakah setelah itu mencuci tidak dilanjutkan atau terus berjalan dengan kondisi seperti itu (bocor), kebocoran air bisa terjadi dari drum atau selang-selang nya lalu gasket pintu kaca sobek pun tentu akan menimbulkan kebocoran dan itu tentu perlu pemeriksaan lebih lanjut.

      Hapus
  4. pak saya punya mesin cuci fornt loading, klu buat nyuci bocor tapi proses nyucinya lancar, apa boleh saya balik mesin cucinya untuk mengecek bagian mana yang bermasalah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Toko Utama
      Mesin cuci Front Load boleh di balik asal beberapa komponen diperhatikan jangan sampai terbentur/tertindih oleh drum nya yang berat dan akan menimbulkan permasalahan baru atau sebaiknya komponen seperti modul, timer dan lainnya yang rawan dilepas dulu.

      Hapus
  5. saya mau nanya gan,,,, cara membuka klep pembuangan sharp yang gak bs diputar? klepnya mati? apa harus di cungkil?

    BalasHapus
  6. Mesin cuci saya selang nya pembuangannya pecah dan penyambung nyaitu di lem gimn cara gantinya ya pak

    BalasHapus
  7. Pak...sy mau ty kondisi mesin cuci 2 tabung ...airnya bocor...dan sdh sy buka dan sy bersihkan ternyata mash bagus semua seal..per..cuma kotoran dan sdh sy bersihkan..tp kenapa mash bocor ya pak..nohon solusinya..mksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau sudah yakin sealnya masih bagus maka setelah dipasang kembali seperti semula biarkanlah dulu sekurangnya 24 jam supaya permukaan karet seal nya menempel rata dengan tepian lubang saluran pembuangannya.

      Hapus
  8. Siang pak, mesin cuci saya pamasonic dua tabung, air pembuangan sering mampet dan sudah saya perbaiki dengan cara membongkar dan membersihkan kotoran, setelah di coba air mengalir tapi sangat kecil, setelah beberapa kali pemakaian ( tidak lama ) kembali mampet, sehingga berkali kali saya melakukan perbaikan tersebut, kira2 apanya ya pak yang perlu di perbaiki

    BalasHapus

Posting Komentar

- Klik "Muat Yang Lain...." untuk melihat lebih banyak komentar.
- Silahkan berkomentar atau ajukan pertanyaan yang sesuai dengan artikel.