Error code mesin cuci Panasonic

Panasonic Front Loading
Panasonic adalah salah satu merk paling terkenal di tanah air dengan ketangguhan produk alat-alat elektronik nya dan selain keunggulan itu service center nya juga tersedia di kota-kota besar diseluruh Indonesia, bagi anda pengguna mesin cuci top loading dan tipe front loading Panasonic yang sedang mengalami gangguan dan ingin mencoba mencari tahu apa yang terjadi dengan alat andalannya itu silahkan terus membaca artikel ini karena akan anda temukan beberapa kode paling mendasar yang mungkin perbaikannya bisa anda kerjakan sendiri,


Error code :


- U11
Saluran pembuangan tersumbat, air bekas pencucian tidak bisa dibuang atau tidak lancar, mungkin saluran dan pompa terhalang kotoran, kancing baju, uang logam, pompa drain rusak

- U12
Pintu terbuka, terkadang kode ini langsung tampil dan mesin cuci tidak bisa bereaksi sama sekali, pastikan pintu menutup dan terkunci dengan benar.




- U13
Mesin tidak stabil, biasanya terjadi menjelang waktu pengeringan/spin dry, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan seperti lantai tidak rata yang mengakibatkan kedudukan alat tidak stabil atau goyah sehingga menimbulkan getaran yang berlebihan, cucian terlalu banyak/berat atau menggumpal sehingga harus kita lepas/urai dulu gumpalan cuciannya, sebaliknya juga jangan terlalu ringan atau sedikit silahkan ditambahkan beberapa potong pakaian untuk mendapatkan keseimbangan yang optimal.

- U14
Pasokan air, air tidak tersedia atau tidak lancar (mengisi terlalu lama)  periksa dan bersihkan saluran dan filter air sebelum masuk ke mesin, pastikan keran air selalu terbuka dengan demikian alat akan selalu dapat pasokan air bersih dan lancar untuk proses pencucian.

- H01
Error modul,  matikan mesin cuci dengan menekan tombol Off dan tunggu sekurang-kurangnya 5 menit, hidupkan kembali tetapi bila kode tersebut tetap muncul sebaiknya anda cabut steker dan hubungi service center.




    Komentar

    1. Assalamualaikum, pak
      Saya mau tanya saya kan punya mesin cuci electrolux time manager 7kg. Belakangan ini saat mencuci ada banyak air yg keluar dari tempat sabun, pdhl saya menggunakan sumber air yg sama seperti biasa. Ketika aliran sumber air saya kecilkan air berhenti mengalir dari tempat sabun tetapi lampu mesin cuci berkedip-kedip dan tidak bisa dilakukan pencucian. Jika saya besarkan lagi aliran sumber air, air kembali keluar dari tempat sabun dan membanjiri lantai. Kira-kira kenapa ya pak mesin cucinya? Terima kasih

      BalasHapus
      Balasan
      1. Waalaikumsalam .... Ibu yth, Satu-satu nya kemungkinan berdasarkan pengalaman saya mengenai masalah mesin cuci anda adalah tersumbatnya saluran masuk air, air yang akan masuk ke drum itu dialirkan dulu ke laci tempat sabun untuk mengambil sabun atau pewangi dari situ, melalui proses yang panjang biasanya sabun yang tersisa/tidak terbawa semua akhirnya mengeras dan terus bertambah setiap saat hingga menutup jalur/lubang air itu sendiri, selain dari pada sisa-sisa sabun bisa saja ada benda lain yang menyumbat tetapi biasanya hal ini dikarenakan human error, ambil contoh anak-anak yang bermain dengan mainan nya dan dimasukan ke laci tersebut .... demikian penjelasan saya, semoga bisa menjadi pencerah sebelum melakukan perbaikan.

        Hapus
      2. Saya menggunakan mesin cuci panasonic 1 tabung 7kg,kenapa belum selesai selalu keluar kode E 1

        Hapus
    2. gan saya punya mesin cuci panasonic 1 tabung seri NA-F850GS saat ini ada masalah pada saat selesai membilas saat pembuangan air sensor katup pembuangan terbuka namun tiba-tiba menutup ulang sebelum air habis dan di di lcd muncul H-02 Secara bergantian dan tidak mau dimatikan.. mohon pencerahannya..trim sebelumnya

      BalasHapus
      Balasan
      1. https://bengkelmania.blogspot.com/2019/05/kode-error-h-panasonic.html

        Hapus
    3. Saya memiliki permasalahan pada mesin cuci yang sama persis dengan pak Warsito. Bagaimana cara penanganannya? Mohon bantuan penjelasannya. Terima Kasih banyak

      BalasHapus
      Balasan
      1. Dear ibu Muharrami dan pak Warsito yth,
        apabila mesin cuci menampilkan kode yang tidak tercantum pada buku manualnya secara umum maka bisa dipastikan bahwa mesin cuci mengalami masalah pada PCB/modul nya, oleh sebab itu dianjurkan untuk hanya dibawa ke service resmi nya karena perlu tools khusus untuk memperbaiki (jika bisa) atau diganti PBC baru.
        Demikian penjelasan saya semoga bermanfaat.

        Hapus
    4. Yth, Pak Rudi
      Salam sejahtera
      Saya mempunyai mesin cucui Panasoni type 850-GS
      pada panel spin/pengering selalu tampil U11 dan panel yang lain tidal masalah, mohon pencerahannya, Terimakasih

      Sawali Jakarta

      BalasHapus
      Balasan
      1. Dear pak Sawali yth,
        Ketika kode E11 muncul saat hendak spin itu menandakan mungkin salah satu hal dibawah ini penyebabnya :
        - selang pembuangan melipat, tergencet, selang harus rata dengan lantai.
        - Katup pembuangan tidak membuka, tersumbat kain, uang logam dll.

        Hapus
    5. Mohon penjelasan saat ini mesin cuci saya panasonic tipe NA-F852B tiba-" saat mencuci akan proses membilas timbul code error U 12 menurut penjelasan ada masalah pada kemungkinan tutup kurang pas, setelah saya coba" kok msh muncul dan tidak mau fungsi, trims penjelasanya

      BalasHapus
      Balasan
      1. Dear pak Edy yth,
        apabila Lid atau penutup tertutup dengan benar (tipe top loading) coba diperiksa switching, soket atau kabel nya.
        pastikan tidak longgar, berkarat atau putus (digigit tikus)

        Hapus
      2. Terimakasih pak, setelah saya cek didalam swit hanya ada logam tembaga jika ditutup pintunya akan nyambung setelah saya ukur masih nyambung dan kabel semua masih utuh tdk ada bekas tikus masuk, di swit ada 3 kabel 1 putih dan 2biru muda digabung birumuda 1ke sensor tekanan dan 2 langsung ke modul depan demikiab juga kabel putih ke modul depan, sedangkan dr sensor presure kabel merah muda juga ke modul menjadi 1soket dg putih dan biru muda, apa mungkin sensor fakum yg rusak atau modulnya yg masalah, apakah bisa di reset errornya trims

        Hapus
      3. Jika hal paling sederhana ternyata tidak menghasilkan perubahan berarti memang ada sesuatu yang rusak, periksa apakah air berkurang saat proses mencuci (mungkin ada yang bocor atau klep pembuangan juga bocor, bisa dilihat pada selang ketika mencuci), air terlalu lama habis saat membuang ketika akan spin (periksa seluruh bagian saluran buang, mungkin mampet),
        Akan lebih baik jika servis dilakukan pada seluruh bagian/komponen. Kerusakan yang paling sering terjadi terkait kode U12 adalah switch penutup, sensor air dan modul,

        Hapus
    6. Terimakasih pak rudi atas penjelasannya

      BalasHapus
    7. Pa rudi
      Saya baru membeli mesin cuci front loading beberapa hari saya mencoba lancar jaya semua sabun dan pewangi habis setelah selesai pencucian. Nah beberapa hari ini timbul masalah, setelah pencucian selesai pewangi yang biasa saya masukan di tempatnya tidak berkurang sama sekali. sampai tidak ada wangi sama sekali, saya memakai air dari tandon
      Tekanan air tidak berubah sama sekali dari pertama saya membeli..
      Pernah saya mencoba memasukan air dari tempat pewangi agar pewanginya bisa keluar..
      Mohon pencerahannya... supaya mesin cuci saya bisa kembali normal kaya biasa..

      BalasHapus
      Balasan
      1. Dear ibu penanya yth ...
        pada beberapa model dilengkapi fitur pilihan dengan atau tanpa pemutih/pewangi, cek apakah fitur tersebut ada pada mesin cuci anda atau diluar itu ada gangguan pada mekanisme pembagi airnya.

        Hapus
      2. Terima kasih banyak atas bantuan bapak rudi

        Hapus
    8. yth. pak Rudi
      saya jg sama pak dgn pak edy, kalo mencuci bisa tp pada saat akn membilas atau dry muncul U12 tp kyknya tdk ada yg pts kabelnya, bias juga setelah di OFF kan stl satu menit ON sendiri, kira kira apanya yg diganti pak berapa harganya. masalahnya tdk ada servis panggil di tempatku, mhn bantuannya pak ibu lina

      BalasHapus
      Balasan
      1. Dear ibu Nurlina, kode U12 memang akan muncul hanya bila ada hal yang mengganggu ketika akan Dry/Spin, kode itu ditampilkan sebagai gambaran utama tetapi penyebabnya bisa saja dari hal lain, saran saya ketika sedang proses mencuci dan sebelum keluar kode tersebut coba perhatikan apakah proses pembuangan terjadi atau tidak..... bila semua normal tetapi kode tersebut tetap muncul maka konsentrasi pemeriksaan tertuju pada modul nya,

        Hapus
    9. Yth.bp.rudi
      Saya mau tanya mesin cuci panasonic tipe NA852B pas saya mau nyalaian on nyala terus langsung mati lg on nya saya tekan nyala tp kalau on nya sy lepas mati lg.kira kira yg harus di ganti apanya ya

      BalasHapus
      Balasan
      1. Dear Putri Oziel
        Biasanya ini terjadi pada mesin cuci top load, rusak pada bagian Modul/PCB nya tetapi banyak masalah seperti ini terselesaikan tanpa harus mengganti PCB baru, bawalah mesin cuci anda ke bengkel terpercaya untuk mendapat perbaikan.

        Hapus
    10. Salam Kenal.
      Mohon bantuannya. Mesin cuci FL Panasonic NA-107VC4 belum genap setahun sudah mengalami dua kali kerusakan dengan kode E02 (sensor tekanan air) dan sudah diganti oleh pihak Panasonic. Penggunaan, sumbe rair, kondisi dudukan mesin cuci dan listrik kondisinya normal semua (sudah diperiksa teknisi). Pertanyaan saya:
      1) Apa faktor yang menyebabkan seringnya terjadi kerusakan ini..?
      2) Apakah hal ini merupakan kelemahan produk ini..(apakah Bapak sering menemukan kasusu ini)..?
      3) Karena masih garansi, saya berniat menukar ke tipe lainnya, apa saran Bapak..?
      Terimakasih pencerahannya.

      BalasHapus
      Balasan
      1. Dear IGes
        kode E02 timbul bisa jadi dari tekanan air nya yang kurang kuat, cobalah menambah tekanan air dari keran dengan dibantu pompa air karena jika saat ini mengandalkan air ledeng atau sumber air lain dengan tekanan yang tidak seperti yang dianjurkan pabrik 0.5kgf/cm2 ~ 8kgf/cm2 maka akan membuat "jatah" waktu yang telah di set tidak terpenuhi (kelamaan) makanya akan timbul/keluar kode error.

        Hapus
    11. Mesin cuci ewf ngedrain terus kenapa ya.

      BalasHapus
    12. Assalamu'alaikum pak maaf mau tanya2 nih pak , saya punya mesin cuci merk panasonic 1 tabung pak automatis ada kode error U11 awalnya saya otak2 atik pak retractornya saya copot pasang kembali power retractornya. Tapi kok sekarang malah muncul U12 sudah di check switch pintu tetap ga bisa gerak motor spin nya pak...barangkali bapak punya solusi nya pak terima kasih sebelumnya

      BalasHapus
      Balasan
      1. Waalaikumsalam, coba cara ini :
        - lepas/cabut selang kecil pada water level valve, bila ada air yang terjebak didalamnya cobalah untuk dikeluarkan.
        - mesin cuci top load biasanya dilengkapi switch untuk memutus listrik saat getaran/goyangan drum kelewat tinggi dan switch ini pun terkadang secara tidak sengaja menjadi off ketika proses perbaikan (bila mesin direbahkan).

        Hapus
    13. Pak Rudi Halim..
      Saya punya mesin cuci panasonic NA-F852B modul rusak,.. jalur PCB banyak yang putus, terutama sekitar tombol saklar start..
      Kalau pak Rudi ada gambar skema modulnya, mohon di share ya pak..
      Terima kasih sebelumnya.

      BalasHapus
      Balasan
      1. Maaf disini tidak bisa kirim gambar atau mungkin saya yang belum tahu caranya.

        Hapus
    14. Assalamualaikum pak saya mau tanya, mesin cuci saya dirumah panasonic tipe NA-F70B5/ NA-F80B5 ketika dinyalakan muncul tulisan E2 itu kenapa ya pak? Mohon dibales ya pak, terimakasih sebelumnya

      BalasHapus
    15. Salam kenal.
      Mohon bantuannya pak.
      Saya punya mesin cuci panasonic NA - F70B5.
      saat tombol on ditekan, muncul tulisan E2.
      Mohon bantuannya pak.
      Terimakasih.

      BalasHapus
    16. salam, sy ada masalah chord H27 boleh tahu punca dan penyelesaiannya?

      BalasHapus
    17. Assalamualaikum..
      Pak sya mau tanya. D rmh sya pakai mesin cuci panasonic tipe NAF72MB1. Pemakain slama 5 bln lancar. Mendadak tadi sore macet. Muncul huruf E3. Proses nyandadak berhenti saat air masuk tabung . Lalu sya restart utk buang air nya bisa. Sya test spin.ttep ngga jalan atau muter
      Mohon bantuannya pak.

      BalasHapus
      Balasan
      1. Wa'alaikumsalam
        Pemakaian/ gejala terakhirnya bagaimana ?
        Mohon diperjelas.

        Hapus
    18. Assalamualaikum pak Rudi, mau tanya mesin cuci sy panasonic NA-F70B5 itu pada saat bilas airnya gk keluar semua dan muncul error E5 di layar, buku manualnya hilang jadi sy bingung itu error apa. Terimakasih sebelumnya

      BalasHapus
      Balasan
      1. Air tidak lancar ketika membuang, periksa saluran buang yang kemungkinan tersumbat atau selang terlipat

        Hapus
    19. mesin cuci saya panasonic na-f852b waktu sementara mencuci ada bunyi kayak meletup2 gitu trus mesin cuci langsung mati.. kira2 apa penyebabnya ya ? mohon pencerahannya mas...

      BalasHapus
      Balasan
      1. Untuk kasus seperti ini biasanya ada komponen atau kabel yang konslet.

        Hapus
    20. Selamat pagi pak
      Mesin cuci saya panasonic tipe NA F70B5...keluar kode E2...itu kenapa ya pak?

      BalasHapus
      Balasan
      1. Jika ada keluar kode yang tidak ada dalam daftar untuk di infokan kepada konsumen itu biasanya hanya dianjurkan untuk dibawa ke bengkel resmi .

        Hapus
    21. Selamat malam, mesin cuci saya panasonic na f852b. Pada saat pengeringan air keluar terus sehingga proses pengeringan tidak maksimal. Kalo di servis apa yang harus di katakan ke tukang servisnya pak? Berapa biaya nya? Mohon dibantu

      BalasHapus
      Balasan
      1. Apakah yang dimaksud itu air keluar dari water inlet ? dan apakah sewaktu mencucipun air tersebut keluar juga tetapi biasanya tidak terlalu besar ..
        Masalah bisa saja dari water inlet valve atau biasa disebut solenoid, kalau bukan karena alat ini rusak bisa saja ada pasir yang mengganjal di klepnya .. itulah yg biasanya terjadi .. anda bisa bersihkan sendiri jika memungkinkan, silahkan dicoba tetapi hati" lepaskan dulu colokan listriknya jangan sampai lupa.

        Hapus
    22. Panasonic saya ada kode e2 gak bisa terpakai,mhon bantuannya bos

      BalasHapus
      Balasan
      1. https://bengkelmania.blogspot.com/2019/06/mesin-cuci-panasonic-error-code-e.html

        Hapus
    23. Selamat malam pak, mau tanya. Saya mempunyai mesin cuci panasonic na-127ve5. Setiap memulai utk cuci seperti biasa, mesin cuci saya ini selalu membuang air yg telah di tampung sebelumnya lewat saluran pembuangan sehingga detergent dan pewangi pakaian yg telah dimasukan sblmnya ikut terbuang bersama air yg keluar td di saluran pembuangan. Dan setelah itu di pencet tombol pause, dan kemudian diaktifkan lagi, barulah mesin cuci tsb berjalan normal seperti biasanya. Jd saat ini saya hanya mengakali saja masalah ini dgn menunggu sktr 10 mnt, setelah air keluar baru stlh itu saya masukan detergent dan pewangi, dan mesin cuci berjalan seperti biasanya.
      Yg ingin saya tanya kan, apakah solusi dari masalah ini krn mslh ini cukup menyita waktu dan boros air jadinya... Mohon pencerahannya.
      Sblmnya saya ucapkan terima kasih.

      BalasHapus
    24. Kode.F8 muncul pada mesin.cuci panasonic artinya apa

      BalasHapus
    25. Selamat pagi pak..
      Saya mau mempunyai mesin cuci front load tipe NA-127VES. 7kg.
      Keluhanya adalah pewangi tdk bisa larut. Selesai nyuci pewangi masih ada di lacinya. Knp ya pak?

      BalasHapus
    26. selamat malam,mesin cuci saya panasonic NA - F95Mb1 kenapa pas dinyalain keluar kode F8?

      BalasHapus
    27. Mesin saya panasonic na f852b kode error u12,switch pintu sudah saya jumper, semua kabel bagus, tapi tetap tidak berhasil. Apakah saya harus ganti modul pcb nya ya om?

      BalasHapus
      Balasan
      1. Jika langkah yang seperti anda lakukan tidak berhasil, maka solusi lain selain coba perbaiki modul adalah menggantinya.

        Hapus
    28. Assalamualaikum pak, saya memakai mesin cuci panasonic Na-f70b5 terus muncul kode C1 dan tidak bisa memencet tombol yang lain disana. Macet terus disana, kira kira apa ya masalahnya pak?

      Terimakasih sebelumnya

      BalasHapus
      Balasan
      1. mungkin yang anda maksud adalah kode CL, itu kode untuk Cild Lock, matikan fitur untuk kembali seperti semula.

        Hapus
    29. Assalamualaikum,maaf bisa minta tolong mesin cuci panasonic na f852B,kami bisa mencuci tapi tidak bisa buang air secara keseluruhan,dan muncul H02 ,kenapa yach pak,bagaimana mengatasix,makasich

      BalasHapus
      Balasan
      1. https://bengkelmania.blogspot.com/2019/05/kode-error-h-panasonic.html

        Hapus
    30. Mesin cuci panasonic f852b kami error muncul H02,bagaimana cara perbaikannya pak.makacich

      BalasHapus
      Balasan
      1. https://bengkelmania.blogspot.com/2019/05/kode-error-h-panasonic.html

        Hapus
    31. Selamy pagi pak saya punya mesin cuxi panasonic NA F95AMB1 pada saat air selesai mengisi mesin tidak mau berputar sama sekali, mohon petunjuk

      BalasHapus
      Balasan
      1. Mungkin anda bisa coba periksa beberapa bagian mekanikal seperti v-belt misalnya

        Hapus
    32. Mesin cuci saya ada muncul kode E1 itunya apa yg rusak yahh Panasonic NA-F80B5

      BalasHapus
    33. Saya mencuci dengan panasonic NA f852b tiba2 mati total pas mau membilas apa penyebabnya

      BalasHapus
      Balasan
      1. Permasalahan ini jarang terjadi terkecuali terjadi tegangan listrik yang kelewat tinggi, konsleting pada motor penggerak, kabel utama putus atau stop kontak longgar.

        Hapus
    34. Setiap mencuci , dalam satu kali cuci mesin tiba" berhenti bisa samapai 3 kali. Di layar muncul kode eror E1 itu mksdnya apa ya? Trs hrus buka tutupnya bru mau mulai lgi. Dan klo nyuci bisa smpai 2 jam bru slesai. Mesin cucinya panasonic tipe naf72mb1. Kira" rusak apanya ya pak?

      BalasHapus
      Balasan
      1. Nampaknya ini belum terjadi kerusakan, anda bisa cek filter air di water inlet barangkali sudah kotor sehingga air tidak bisa masuk ke mesin dengan cepat atau tekanan air ledengnya kurang deras.

        Hapus
    35. Mohon pencerahannya pak, mesin cuci saya panasonic NA127VE5 front loading saat tombol start ditekan muncul alarm segitiga tanda seru per 3 detik dan tdk langsung minta air sehingga proses mencuci tidak bisa berjalan, biasanya bunyi dengungan tanda mesin berputar, ini langsung alarm, mohon infonya apakah benar dari control boardnya yang harus diganti satu set

      BalasHapus
      Balasan
      1. Ini mungkin ada indikasi kalau pintu tidak tertutup secara sempurna atau bagian pengunci bermasalah.

        Hapus
    36. Maaf mau tanya pak, mesin cuci saya front loading panasonic, setelah selesai spin dry layar nya berkedip terus,& tidak bsa d gunakan untuk mencuci Karna layar nya mati" (Berkedip)

      BalasHapus
      Balasan
      1. Type mesin cuci panasonic nya apa ?
        Berkedip layar berbeda dengan berkedip indikator, jika itu layar yang berkedip seperti karena konsleting maka sebaiknya mesin jangan coba untuk dipakai lagi sebelum dilakukan pemeriksaan.

        Hapus
    37. Mesin cucu saya panasonic tipe NA-F80MB1.kenapa klo mau saya pake selalu muncul kode f8.mohon bantuanya pak

      BalasHapus
      Balasan
      1. kode tersebut sama seperti kode dengan awalan huruf "H", indikasi kelainan dengan kemungkinan resiko kegagalan yang tinggi bahkan lebih menyulikan bila coba diperbaiki sendiri

        Hapus
    38. Saya pnya mesin cuci panasonic naf852b autometic, tiap kali mau buang air cucian mesin meledak di bagian bawah dan liatrik saya mati, mohon bantuannya...

      BalasHapus
      Balasan
      1. Saya tidak yakin apakah itu meledak atau mungkin hanya suara dari konsleting saja, dan saya cuma dapat memperkirakan kalau penyebabnya dari drain motor / drain actuator, saya sarankan untuk tidak digunakan dulu sebelum diperbaiki karena khawatir kerusakannya merembet ke modul / kontrol elektronik nya.

        Hapus
    39. Dear pak Rudi,
      Mesin cuci saya muncul kode H27, mohon saran cara memperbaikinya..terimakasih

      BalasHapus
    40. Halo pak Tri, untuk code error H27 menurut catatan kami itu menandakan ada suatu masalah dengan kunci pintu nya, bisa mekanikal maupun elektrikal yg terhubung dengannya atau pintu dibuka ketika mesin sedang bekerja pun akan muncul kode error h27.
      Semoga membantu dan termakasih atas kontribusinya.

      BalasHapus
    41. Mohon bantuan bos klo mesin cuci panasonic eror h02 gmn solusiny bos

      BalasHapus
      Balasan
      1. Periksa motor, kalau motor oke kemudian kabel penghubung motor dengan modul, kalau kabelnya juga oke berarti modul nya rusak tetapi terkadang modul masih bisa diperbaiki dan biasanya triac nya rusak.

        Hapus
    42. Assalamualaikumm wr.wb
      Mau nanya pak rudi .
      Mesin cuci saya panasonic na f70b5 tombol star,preset,unlock gk bisa dpencet tp on/off bisa .
      Itu apanya ya pak.
      Terima kasih

      BalasHapus
      Balasan
      1. Saya kira fitur Child Lock nya sudah aktif, untuk mengembalikannya anda perlu pencet tombol "PRESET" bersamaan dengan tombol "Lock/Unlock" yang ada disebelahnya selama 3 sampai 5 detik, kalau hanya dipencet sesaat tentu tidak akan berpengaruh apa-apa.

        Hapus
    43. Assalamualaikum pak rudi. Saya mau bertanya. Mesin cuci saya panasonic na-127ve5. Pada posisi di 60 derajat listrik balek. Ketika hidup kembali mesin nya automatis melanjutkan tetap di posisi pilihan 60 derajat. Dan berakibat mati terus menerus. Apa kah bisa di reset mesin cuci nya. Terima kasih

      BalasHapus
    44. Waalaikumsalam,
      NA-127VE5WNE ada tombol khusus untuk mematikan pemanasnya, terkadang jal ini terjadi bukan dari mesin nya tetapi dari MCB listrik yang sudah mulai lemah atau koneksi listrik longgar

      BalasHapus
    45. Bismillah
      Assalammualaykum pak
      Mesin cuci panasonic NA 127ve5 1200. Saat mulai Start mesin cuci berjalan dg baik. Tetapi bbrp saat kemudian listrik anjlok, sy coba lagi nyalakan listriknya, mesin cuci otomastis memutar lagi tp anjlok lagi.
      ini apanya ya pak?
      Listrik sy 1300 watt

      BalasHapus
      Balasan
      1. Waalaikumsalam
        jawaban saya ini hanya berdasarkan perkiraan dan kebanyakan terjadi seperti itu dilapangan adalah :
        beban listrik telah melampaui daya yang tersedia, MCB sudah lemah atau jaringan listrik dirumah tidak sesuai atau pemanas air di mesin dihidupkan.
        solusi ini mungkin bisa membantu :
        untuk sementara selagi mencuci matikan sebagian alat listrik lainnya.
        periksa apakan program mencuci dengan air panas telah dimatikan.
        demikian dengan penjelasan diatas semoga bisa ada solusinya.

        Hapus
    46. Assalamualaikum pak, mau tanya mesin cuci saya tipe panasonic NA f-80b5 ketika mesngisi air belum selesai berbunyi kemudian ada kode E1 itu kenapa ya? Dan bagaimana mengatasinya? Terimakasih

      BalasHapus
      Balasan
      1. debit air yang masuk ke mesin mungkin sudah kecil sehingga batas waktu yang tersedia untuk mengisi air sudah habis.
        coba cari dan diperbaiki masalahnya, mungkin di pompa air nya atau filter nya tersumbat sudah kotor.

        Hapus
    47. Assalamualaikum pak
      Kalau mesin cuci muncul kode E3 dan E4 knp ya
      Terkadang tidak mau spin

      BalasHapus
      Balasan
      1. Waalaikumsalam
        maaf untuk mesin cuci panasonic tidak ada catatan dengan kode error tersebut mungkin pada mesin cuci lain misalnya samsung, silahkan lihat pada artikel yang sesuai.

        Hapus
    48. Assalamualaikum wr.wb.
      Mesin cuci Panasonic NA-F72MB1 error E3 apa sebabnya?

      BalasHapus
    49. Assalamualaikum
      Mau tanya mesin sy kenapa keluar code h 12 ya?

      BalasHapus
    50. Assalamu'alaikum pak..mesin cuci panasonic saya tiba2 keluar error f8 itu kenapa ya? Mohon solusinya terima kasih..

      BalasHapus
      Balasan
      1. Silahkan disimak penjelasannya di artikel ini :
        https://bengkelmania.blogspot.com/2021/02/panasonic-error-f8.html

        Hapus

    Posting Komentar

    - Klik "Muat Yang Lain...." untuk melihat lebih banyak komentar.
    - Silahkan berkomentar atau ajukan pertanyaan yang sesuai dengan artikel.