Pipa Kapiler


hati-hati ! pipa kecil yang mirip kawat ini
rentan buntu dan patah
Pipa kapiler merupakan media yang menentukan aliran refrigerant pada sistem pendingin berukuran kecil semacam Freezer, Kulkas dan lainnya, saking kecilnya (rata-rata pipa kapiler kulkas sebesar 0,66 mm) pipa kecil dengan diameter lubang se-ukuran batang jarum ini kerap menjadi buntu lubang nya, tidak seperti AC yang memiliki pipa kapiler lebih besar kapiler kulkas sering
mengalami kebuntuan, paling umum terjadi adalah karena buntu oleh partikel kotoran yang terbawa bersama refrigerant (freon), sesuatu yang alami karena kotoran ini berasal dari partikel atau bubuk besi yang telah tercampur dengan oli, sebagai contoh bisa kita lihat saat mengganti oli mesin motor atau mobil, dari situ bisa kita lihat bagaimana pada oli yang sudah kotor itu terlihat ada butiran-butiran halus berwarna keperakan, itulah bubuk besi yang dimaksudkan yang juga terjadi di dalam sistem pendingin.





Saat refrigerant dipompa, sedikit oli yang sudah bercampur kotoran ini ikut terbawa bersirkulasi, bubuk besi dengan ukuran sedikit lebih besar akan terjaring oleh strainer atau filter dryer tetapi untuk yang lebih halus akan lolos melewati pipa kapiler, evaporator dan kembali masuk ke kompresor, karena proses yang terjadi terus-menerus maka kotoran ini akan membentuk lapisan yang menempel pada dinding bagian dalam sistem dan tentulah pipa kapiler yang paling mungkin mengalami kebuntuan.

Sebagai akibat dari semua ini maka sistem pendingin akan mengalami penurunan kerja, diantara nya adalah dingin nya berkurang, suara dan getaran kompresor lebih keras, jarang berhenti beroperasi, boros listrik dan lainnya.
Untuk mengatasi hal ini tidak cukup mudah karena perlu ada beberapa tes dan persiapan yang harus dilakukan, yang utama tentunya kondisi kompresor nya harus masih layak untuk kembali dipakai, kemudian menguras atau flushing seluruh sistem yang terdiri dari kondensor, filter dryer, kapiler dan evaporator ini harus benar-benar bersih, kalau tidak bisa memenuhi syarat-syarat tersebut maka dalam waktu dekat sistem akan mengalami hal yang sama yaitu pipa kapiler buntu atau lebih buruk lagi.




Komentar

  1. gimana ya caranya mengetahui titik dimana pipa kapiler itu mampat?

    BalasHapus
  2. Menentukan titik kebuntuan atau mampat ini sulit, tetapi bagian-bagian paling berpotensi adalah bagian yang tertekuk, daerah ini diameter lubang nya akan berubah dan tidak halus sehingga kotoran mudah tesangkut.
    Terima kasih sudah memberi komentar.

    BalasHapus
  3. Bagaimana menentukan ukuran panjang/ spesifikasi pipa kapiler sesuai kondisi mesinnya..

    Terima kasih ... Wass... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menentukan panjang kapiler untuk sebuah rancangan mesin pendingin tidak cukup dengan hanya ditentukan oleh mesin kompresor nya saja, ada beberapa hal lain yang menentukan seperti kapasitas evaporator, kondensor hingga suhu yang diinginkan pun ada pengaruh nya terhadap panjang kapiler, coba anda googling dan cari beberapa software atau cart yang dirilis oleh produsen2 alat2 pendingin seperti software gratis yang bisa anda download dari danfoss ini : http://www.danfoss.com/NR/rdonlyres/3511CDD1-C718-40E6-BB8D-52A57B4A28C9/0/dancapv1.exe

      Hapus
  4. assalamualaikum. wr. wb
    mohon bantuanny pak dan maaf salah artikel. gini lo pak,  saya ad servisan kulkas 1 pintu dengan kerusakan filter buntu..  nah setelah saya ganti filter tersebut dan ingin menyambung ke pipa pada kondensor tetapi tidak menyatu. pertanyaanny bagaimana cara menyambung pipa besi yg berada pada kondensor ke filter yg terbuat dari tembaga tersebut.. makasih sebelumny.. 

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam,
      sebelum anda lakukan pengelasan pada bahan metal yang berbeda tersebut maka harus diolesi dulu dengan sejenis pasta (hanya bagian yang akan disambung/las saja), nama pasta ini adalah Fluke bisa dibeli di toko2 penjual alat pendingin atau sebagai alternatif bisa juga anda gunakan borax (serbuk) tetapi daya lekat pada hasil las nya tidak sebaik memakai fluke meskipun saya kira bahan dasar dari kedua nya sama saja. harap diingat pasta ini berwarna putih bersih dan berbeda dengan untuk pasta solder (lotvett solder paste)

      Hapus
  5. saya perbaiki kulkas satu pintu.tapi saya mengalami kesulitan dengan buntu di daerah kapiler,cuma aneh nya,terjadi buntu nya itu kok disaat bunga es di evap mulai rata.makasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas sugeng ... inti masalahnya adalah didalam sistem refrigerasi tersebut terkandung air yang nantinya akan beku saat melewati kapiler (biasanya menjelang masuk ke evaporator), kandungan air yang ada tercampur bersama oli dan freon itu bisa berasal dari langsung masuk melalui bagian yang bocor sebelumnya, misalnya karena evaporator tertusuk ... air akan masuk setelah freon habis lalu masuklah air terhisap oleh kompresor. anda harus menghilangkan air ini dulu sebelum mengisi freon, akibatnya anda alami sendiri kan dan lebih parahnya kompresor bisa saja menjadi rusak.
      penjelasannya akan cukup panjang dan tentu anda perlu tau bagaimana cara yang biasanya saya lakukan bukan ? nantikan posting saya mengenai hal ini.

      Hapus
  6. Bang ukuran panjang kapiler pada kulkas keluarga brapa meter bang
    🙏🙏🙏🙏🙏

    BalasHapus
  7. salam. mohon penjelasanya mas Rudi untuk ukuran panjang kapiler 1 pintu dan ukuran oli kompresor untuk satu pintu.trmakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Panjang pipa kapiler pengganti baru biasanya setara kan dengan panjang kapiler lama, saya sendiri biasanya justru lebih panjang dedikit dari aslinya karena diameter lubang kapiler baru biasanya lebih besar, kalau dibuat sama maka kulkas kurang maksimal dingin nya, isi oli kompresor LG 1/8 biasanya 220 cc.

      Hapus

Posting Komentar

- Klik "Muat Yang Lain...." untuk melihat lebih banyak komentar.
- Silahkan berkomentar atau ajukan pertanyaan yang sesuai dengan artikel.