Electronic Control Module


Mesin cuci Top Loading yang di kontrol secara elektronik untuk mengaktifkan nya cukup dengan menekan tombol power/start, itu disebabkan karena mesin cuci ini dilengkapi sebuah modul elektronik pengganti timer analog, alat ini pertama kali bekerja memerintahkan solenoid valve untuk membuka sehingga air bersih bisa masuk dan mengisi drum tempat pencucian, air bersih yang masuk ini sebelumnya diproses melewati sebuah komponen
penyaring yang berfungsi agar air semakin bersih dan higienis, pekerjaan selanjutnya diserahkan kepada water level switch sebagai sensor volume air yg diperlukan sesuai jumlah pakaian yg hendak dicuci dan setelah volume air tadi telah mencukupi barulah water level switch ini memberi sinyal balik kepada Control module untuk mulai memproses pencucian.

Seluruh bagian Electronic Control module ini dilapisi silicone agar kedap air tetapi tidak semua komponen terlindungi seperti push on switch nya yang rawan kemasukan air jika panel bagian atas sudah sobek atau bocor komponen kecil ini rentan kemasukan air yang mengendap bercampur kotoran menjadikan bagian dalam komponen ini yg berfungsi sebagai kontaktor berkarat sehingga terjadi hubungan singkat.

Untuk mencegah kerusakan menyebar ke komponen yang lain gantilah push on switch ini semuanya karena kemungkinan kerusakan yang sama akan terjadi lagi jika hanya dilakukan penggantian pada satu buah saja yang terdeteksi adanya hubungan singkat.

Komentar

  1. kemarin saya juga menservice mesin cuci dengan electronic control modul seperti ini yaitu SANYO ASW70FRT yang rusak IC controlnya(lupa typenya) tapi sayang,seantero Madiun belum ada yang jual,ya udah akhirnya saya suruh bawa ke service center Sanyo aja.

    BalasHapus
  2. kemrin saya nyervis mesin cucci yang pake digital kerusakanya sering hidup mati kira2 apanya yang rusak stelanya atau apanya ,bang aisy tolong saya kasih tau ke email juhediedi@yahoo.coo.id

    BalasHapus
  3. Hallo Bengkel Mania, pa kabar nie, tvservicemenu berkunjung tuk anda.
    Saya bawa kabar baik tuk anda teman, jika anda butuh skema dan service manuals silakan anda kirimkan alamat email anda ke rickysuoth@gmail.com untuk mendapatkan password list untuk membuka file file kami yang anda download.
    Jika anda berkunjung ke tvservicemenu jangan lupa tinggalkan komentar juga yah!
    Salam untuk anda SOB.
    Nanti lain kali berkunjung lagi di blog yang bagus ini.

    BalasHapus
  4. saya punya mesin cuci fhisher&paykel GW-703 top loading, bermasalah pada electronic control module, sayangnya sparepartnya tidak ada dijual di indonesia

    kebetulan saya punya modul hyunday yg masih normal. bisakah modul ini saya gunakan sbg pengganti modul aslinya, ( secara teknis cara kerja perintah modul relatif sama / menurut saya ). jika bisa apa yg mesti saya lakukan?

    seandainya tidak bisa, mesin ini akan saya robah menjadi manual, mengunakan timer analok (putar), sama hal nya dg mesin 2 tabung, yakni timer pencucian terpisah dg timer spin.

    pertanyaannya?
    - komponen apa yg harus saya tambahkan supaya mesinnya berputar bolak balik,
    -gimana cara mengetauhi soket(kabel) yg ada pada dinamo mesin cuci yg berfunsi sebagai putaran pelan untuk pencucian dan putaran kencang untuk spin.

    saya sangat membutuhkan petunjuk dan tuntunan dari bapak, sebelumnya sya ucapkan terima kasih

    (yessyelfira@yahoo.co.id)

    BalasHapus
  5. Halo bengkel Mania..
    Saya punya masalah pada module mesin cuci LG front loading...
    Ada beberapa bagian/komponen pada module tersebut terlihat menjadi hitam dan coklat tua seperti terbakar.. Saya coba membersihkannya, ternyata warna hitam dan coklat tua tersebut adalah lapisan silikon dari module tersebut yang meleleh, mungkin akibat panas berlebih sari suatu komponen.
    Pertanyaan saya :
    1. Saya ingin mengupas seluruh lapisan silicon pada module tersebut agar module dapat saya periksa dengan seksama komponen mana yang mesti diganti, namun mengupas silicon tersebut agak susah bagi saya karena sy takut jangan sampai sy merusak komponen2 pada module tersebut. Gimana cara praktis mengupas silicone tersebut agar dapat terkupas hingga terkupas bersih dan tidak merusak komponen module?
    2. Adakah cara yang praktis untuk mengupas lapisan silicon tersebut? Misalnya dengan menggunakan cairan atau bakan kimia tertentu?

    Mungkin Bengkel Mania bisa membantu...

    Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih.
    Salam sukses selalu,
    Didi (Makassar).

    BalasHapus
  6. Salam Bengkel Mania..
    Module mesin cuci LG front loading saya bermasalah..
    Ada beberapa komponen pada modul yang kelihatan hangus terbakar...
    Namun setelah saya periksa, ternyata lapisan silicon meleleh pada komponen yang terlihat terbakar tersebut. Saya ingin mengupas seluruh silicone pada modul tersebut agar dapat saya periksa komponen2 lainnya yang kemungkinan rusak dan harus diganti, namun saya kesulitan mengupas lapisan silicone tersebut sehingga tidak dapat terkupas dengan besih terutama pada bagian2 yang sempit dan berlubang. Saya juga takut membersihkan dengan cara megorek2 karena jangan sampai merusak komponen modul tersebut.
    Pertanyaan saya :
    1. Bagaimana cara praktis dan aman untuk mengupas lapisan silicone tersebut?
    2. Adakah cairan/bahan kimia yang digunakan untuk mengupas hingga bener2 bersih lapisan silicone tsb?

    Mohon pencerahannya. Trima kasih,

    Salam sukses selalu..

    Didi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Dirham Didi yth.
      sampai jawaban dari pertanyaan yang anda sampaikan ini saya buat ternyata belum ada alat atau bahan kimia yang aman untuk melepaskan lapisan silikon yang memang sengaja dibuat sedemikian rupa supaya modul elektronik yang dimaksud aman dari kelembaban, cara yang saya lakukan sementara ini adalah dengan mengelupasnya secara hati-hati menggunakan obeng atau alat lain yang pipih, semoga masalah anda teratasi dengan hasil yang memuaskan.

      Hapus
  7. Salam bengkel mania....
    Sebelum nya saya mau tanya..
    Saya punya mesin cuci top loading merk sanyo ASW-70FRT.
    Ketika saya tekan tombol on trus start air tidak kluar malah yg mutar " wash " nya..
    Yang mau saya tanya kan apakah modul nya yg rusak atau apa nya...
    Trima kasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear sobat Blogger ....
      Seperti artikel ini yang mengulas tentang hal yang biasa terjadi pada Modul mesin cuci adalah micro switch nya yang sering membuat modul menjadi error tetapi tidak jarang juga komponen lain di dalamnya semacam kerusakan pada diode, capasitor dll.
      diluar kerusakan modul ada alat lain yaitu Water level sensor yang juga akan membuat mesin cuci digital tersebut tidak mau bekerja secara normal sebelum alat tersebut diganti baru.

      Hapus
  8. Saya punya pustaka Tahapan Kerja Mesin Cuci Top Loading dari Panasonic, apakah boleh di publikasikan di blog ini. Tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear pak Endang Sutisna yth..
      Untuk hal itu tentu saya sangat mengapresiasinya tetapi sepertinya akan jauh lebih baik jika itu ditampilkan pada blog anda sendiri dan secara bersama-sama kita akan berbagi ilmu agar berguna bagi semua orang.

      Hapus
  9. Dear All,

    Saya punya mesin cuci samsung WA60N2,
    tidak mau nyala sama sekali,
    power masuk 215V
    tapi on-off ga bisa.'
    setelah ku buka pelindung modul yg anti air jadi encer seperti lem aibon basah.
    menurut service center kondisi seperti itu modulnya mati, dan sudah tidak ada spare partnya lagi.
    mohon bantuannya bagi yang bisa kasih saran.
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear pak Agung ...
      - apakah ketika tombol ON display nya hidup ?
      - apakah jika display nya hidup anda sudah coba mengganti micro switch nya ?
      anda harus mengukur tegangan DC 5V yang masuk ke IC dan komponen lain nya juga, tidak cukup dengan hanya mengukur listrik 220V nya saja karena tidak jarang trafo Modul ini pun bisa rusak, anda tinggal menggantinya dengan trafo yang ada dipasaran (tidak harus sama persis)

      Hapus
  10. mohon info modul mesin cuci merk samsung type WA90F4 berapa harganya.?

    BalasHapus
  11. Mohon info tempat service mesin cuci electrolux di cimahi yang recomended.mesin cuci top loading wlectrolux sya mati total soalnya pa sebelumnya tidak ada masalah

    BalasHapus
  12. Mesin cuci saya Polytron paw7511, saat kabel dipasang/dicolokan ke stopkontak langsung berbunyi bip.. bip.. terus tanpa henti seperti bunyi alarm sementara layar panel modul tidak menyala, kira2 apa yg rusak?

    BalasHapus
  13. Di seputaran modul terlihat lem meleleh knp ya pak? Padahal mesin berjalan normal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu adalah lem silikon yg melindungi komponen elektronik di modul, banyak kejadian seperti itu tapi belum diketahui penyebabnya, solusi kami biasanya di lem ulang pakai lem silikon seperti lem untuk akuarium.

      Hapus
  14. kok LG front loading gak dikasih silikon ya pcb panel depannya .. korosi semua... gak standarnya mesin cuci

    BalasHapus

Posting Komentar

- Klik "Muat Yang Lain...." untuk melihat lebih banyak komentar.
- Silahkan berkomentar atau ajukan pertanyaan yang sesuai dengan artikel.