Problem kulkas no-frost

Ada dua tipe lemari es yang diproduksi saat ini yaitu tipe direct cooling dan no-frost atau frost free, tipe direct cooling adalah tipe paling sederhana sedangkan tipe no-frost merupakan penyempurnaan dari tipe sebelum nya, tipe direct cooling masih di produksi untuk lemari es kecil dan freezer, karena beda sistem maka beda pula keluhan di tiap-tiap tipe ini terutama untuk yang tipe no-frost, tetapi perbedaan ini terletak pada lebih sedikit nya komponen yang dipakai lemari es direct cooling sedangkan untuk tipe no-frost menggunakan komponen yang lebih banyak bahkan kini semakin canggih karena di program secara elektronik baik untuk pengaturan suhu, siklus kerja, kontrol kompresor dan lain-lain.

Akan saya berikan tips untuk menanggulangi keluhan yang biasa terjadi pada kulkas no-frost tipe manual dahulu karena tipe ini masih banyak digunakan dan masih di produksi oleh produsen di Indonesia.
Permasalahan pada kulkas no-frost bisa dibilang itu-itu saja alias berasal dari sumber kerusakan yang sama meski berbeda cara kerja kulkasnya, hingga saat ini gangguan yang sering dijumpai adalah tidak optimal nya sirkulasi udara dingin yang melewati evaporator, saat siklus refrigerant dalam eveporator terus bekerja, bagian luar Evaporator ini lama-lama akan dipenuhi endapan bunga es hingga udara yang dihembuskan kipas sebagai media pemindah suhu dingin yang tercipta pada evaporator tadi menjadi tertutup es dan tidak bisa lagi bersirkulasi dengan baik.
Dan inilah beberapa penyebab dari es yang memenuhi Evaporator atau teknisi biasa menyebutnya ngeblok :
  1. penyebab pertama adalah sama seperti problem kulkas 1 pintu yang telah saya tulis sebelumnya, klik disini untuk melihat.
  2. saluran pembuangan air tersumbat kotoran sisa makanan sehingga air bekas proses defrost tidak bisa terbuang keluar dan membeku hingga saluran udara menjadi buntu karena tertutup es.
  3. terjadi kerusakan salah satu komponen atau lebih yang meliputi :
  • Termo defrost
  • Heater
  • Timer
  • Fan motor
  • Termo fuse
Urutan komponen dimulai dari yang paling sering terjadi kerusakan menurut pengalaman saya dan tergantung merk dan produsen yang mempengaruhi mutu komponen.

Secara normal endapan bunga es tadi akan dicairkan oleh Heater yang berada persis dibawah Evaporator yang diatur siklus kerjanya oleh sebuah Timer, Timer ini bekerja memberi tegangan listrik pada kompressor dan Heater secara bergantian, artinya ketika Timer sampai pada posisi defrost, kompresor akan berhenti bekerja dan seterusnya.

33 comments:

  1. Numpang mampir lagi nih Pak Rudi,blog nya makin padat aja isinya

    ReplyDelete
  2. automatic washing macine kapan ya akan di posting, tak tunggu lho...

    ReplyDelete
  3. mohon infonya,
    kulkas 1 pintu yg no frost ada gak ya pak?
    SAMSUNG RA-19FAAS ngakunya no frost, beneran atu semi doang ya?
    thx

    ReplyDelete
  4. Reynaldi... Kulkas anda SAMSUNG RA-19FAAS adalah kulkas berbunga es (defrost), saat ini kulkas yang no-frost hanya dimiliki oleh kulkas 2pintu keatas.

    ReplyDelete
  5. Saya mempunyai kulkas 1 pintu merk LG model Refrigerator GN-V191RL, menyala tapi tidak dingin. Kalo dihidupkan berbunyi seperti suara air mengalir pada bagian atas (freeze) bagian yang biasa untuk menyimpan daging dan membuat es batu. Kira2 apa yang rusak dan bagaimana cara memperbaikinya? mks om rudi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas Maszen yth, Suara air di bagian freezer yang anda maksudkan kemungkinan besar adalah oli kompresor yang terjebak di dalam evaporator, saya sarankan untuk mematikan saja kulkas nya sementara waktu agar tidak terjadi kerusakan yang lebih berat yaitu pada kompresor yang kekurangan oli, perbaikan yang harus dilakukan sayang nya mungkin tidak bisa anda lakukan sendiri karena dalam pekerjaan ini memerlukan skill dan alat2 khusus dari seorang teknisi pendingin, nantinya oli yang terjebak didalam evaporator tadi akan di flushing sementara kompresor akan mendapat penambahan oli baru dan kemudian dilakukan pengisian ulang freon nya.

      semoga bermanfaat.

      Delete
  6. mas lemari es punyaku kuk kadang2 keluar bunyi tek tek tek keras bgt trs di bagian atas untuk membuat es keluar bunyi seperti air mengalir yg rusak apanya ea?padahal beli baru 3 hari.

    ReplyDelete
  7. kulkas ku plytron ( non frost ) yang bawah kok gak dingin padahal beli baru 3 bulan knp ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas Saipul yth, tidak ada jaminan kalau kulkas bisa awet tanpa ada kerusakan meskipun itu masih sangat baru, beruntung bagi kita karena rata-rata produsen memberikan garansi dengan tenggang waktu tertentu supaya konsumen merasa nyaman menggunakan produk mereka, selain bukti tanggung jawab produsen pun bisa memantau kelebihan serta kekurangan produk-produknya untuk kemudian jika ada kekurangan akan disempurnakan/dikembangkan sebagai bahan rujukan pada produk-produk selanjutnya dan kebetulan saya yakin bahwa kulkas anda masih dalam masa garansi .... oleh karena itu mungkin akan lebih bijak untuk klaim keluhan anda ke service centre nya supaya garansi yang diberikan tidak sia-sia.

      Delete
  8. jadi untuk lemari es satu pintu yang bagus merek apa ya? dimana dari segi kualitas ok & harga juga terjangkau. mohon pecerahannya. tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bp.Abdul yth, kualitas kulkas saat ini seperti kenyataannya bukan ditentukan oleh merk yang paling terkenal dan harga yang mahal sekalipun, saat ini kulkas yang diperdagangkan memiliki kualitas yang hampir sama pada tiap-tiap kelompok harga yang ditawarkan, jika anda memilih satu merk maka didalam unit tersebut akan terdapat komponen-komponen yang sama juga digunakan oleh merk lain bahkan komponen-komponen ini sudah dibuat lokal atau tidak lagi diimpor dari negara asalnya untuk mendapatkan harga jual yang kompetitif, oleh karena itu silahkan saja tentukan pilihan anda berdasarkan keyakinan anda bahwa produk tersebut semoga akan awet, lakukanlah perawatan yang baik, penggunaan yang wajar dan tegangan listrik yang stabil.
      semoga bermanfaat.

      Delete
  9. kang, kalo untuk beli komponen² kulkas kayak karet pintu, heater, timer dll di kota kembang dimana ya kang??
    hatur nuhun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Assalamualaikum, cobi ka Jl.Leuwipanjang no.124 lur.

      Delete
  10. pak saya mau tanya,
    kulkas saya satu pintu toshiba glacio xd7 ukuran tanggung, di bagian freezer kenapa sisi sebelah kiri dan paling belakan tidak dingin ya?

    ReplyDelete
  11. asslm pak,,
    saya punya masalah mengenai kulkas dirumah merk Sh*rp.
    kemarin² bagian freazer dingin, tapi bagian bawah tidak.
    sempat saya cek, saya buka bagian dalam freazer, ternyata bunga es menutup saluran udara untuk ke bagian bawah.
    saya cairkan dengan kipas angin, tapi selang 2 hari, gejala muncul kembali (bunga es menutup evaporator dan menutup saluran ke bagian bawah).
    kalau bgtu, komponen apa yg bermasalah??
    tambahan: saya coba set pngatur suhu ke posisi warm, seharusnya kompresor mati. tapi ini tidak). tapi sewaktu² kompresor mati sendiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam, Bunga es yang menutupi evaporator sebenarnya bisa dicairkan sendiri oleh sistem dengan cara mengaktifkan program defrost, pengaturan ini dilakukan oleh sebuah timer yang terjadi setidaknya satu kali dalam sehari (kulkas normal), namun bisa lebih sering (setiap 7-8 jam sekali) tetapi biasanya karena ada komponen yang rusak seperti pemanas atau termodefrost nya maka proses defrost (pencairan bunga es) menjadi tidak efektif/gagal sehingga bunga es terus semakin tebal dan meluas hingga menutupi saluran-saluran udara yang ada disekitarnya.
      Untuk itu silahkan diperiksa setiap komponen yang berhubungan dengan sistem defrost (pada artikel "problem kulkas nofrost" bisa anda dapatkan gambarannya).
      Ketika anda putar pengatur suhu ke posisi "warm" tentu tidak akan berpengaruh apa-apa karena suhu didalam kulkas kurang dingin, ketika anda dapati kulkas sewaktu² mati itu mungkin saat dimana proses defrost terjadi.
      Demikian, semoga bermanfaat.

      Delete
    2. oke,,, hatur nuhun kang,,
      saya coba cek lagi nanti.

      Delete
  12. Terima Kasih Atas Ulasan tentang kulkas No-frost Sangat Membantu,Salam Kenal Rahmat Aceh.

    ReplyDelete
  13. Selamat malam mas rudi..
    Saya mao menanyakan,kulkas baru apakah suara kasar di bagian tabung belakang ??
    Dan apakah kulkas baru kodisi body samping kanan dan kiri terasa panas ?

    Mohon pencerahannya...

    Salam ,imdi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear Imdi Purnomo,
      Suara kasar mungkin berasal dari sesuatu yang mengenai kompresor pada bagian belakang kulkas, silahkan diperhatikan ketika kulkas tersebut hidup.
      kondisi body samping kulkas memang akan bersuhu lebih tinggi apabila baru pertama dihidupkan karena suhu didalam kulkas nya pun belum menjadi dingin, apabila suhu didalam sudah dingin maka suhu bodi samping dan belakang pun akan turun (hangat).

      Delete
    2. Saya ingin bertanya bagaimana cara membersihkan saluran udara ke bagian ruangan bawah Kulkas Polytron Belleza, soalnya ruangan bagian bawah itu dinginnya tidak maksimal dan hembusan anginnya tidak terlalu kuat sehingga terjadi kondensasi tepat di lubang udaranya, kemungkinan penyebabnya adalah tersumbatnya saluran udara tersebut, mohon bantuannya cara untuk membuka bagian saluran tersebut agar saya bisa membersihkannya, terima kasih

      Delete
    3. Dear pak Ganjar .....
      Untuk membuka bagian penutup evaporator pada kulkas polytron belleza anda yaitu dengan cara melepaskan dulu pencetak es yang berada disebelah kiri atasnya lalu setelah itu baru dibuka bagian penutup belakang yang menghadap ke depannya, hati-hati dengan kabel-kabel nya dan sebaiknya matikan dulu kulkas sebelum anda bekerja.

      Delete
  14. Assalamualaikum. Pak mau tanya kulkas saya di frezer tidak bisa membekukan es, tetap jadi air. Terus yg pintu bawah tidak dingin. Fan nya masih bunyi pak. tapi di frezer tidak keluar uap es nya. trs body kulkas juga tidak hangat seperti biasa dan kompresornya dingin. Apa ini ada hubungannya dengan timer ? kalau iya posisi timer di lemari es panasonic 2 pintu sebelah mana pak ? Terima kasih atas bantuannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam
      pak Afnan, fan/kipas evaporator seharusnya hidup bersamaan dengan kompresor, saya kira anda sebaiknya memeriksa kondisi kompresor nya atau relay dengan overload nya, jika pada saat itu timer berada pada posisi defrost maka fan pun akan mati (dalam beberapa menit), letak timer berbeda pada setiap tipe/model kulkas dan anda tidak menyebutkan tipe kulkas panasonic anda. tetapi umum nya berada didalam dekat lampu interior atau dibelakang dekat kompresor.

      Delete
  15. Saya mau bertanya lemari es saya terjadi pembekuan di belakang pintu atas sehingga pintu bawah tidak dingin dan waktu mati otomatisnya hanya sekitar 3 menit kulkasnya sarf 2 pintu. Apakah timernya rusak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum tentu Timer nya yang rusak, bisa heater, termo defrost dll, bersihkan/cairkan dulu es nya kemudian periksa setiap komponen nya dengan cermat supaya tidak salah duga.

      Delete
  16. mas, kulkas satu pintu merek dan tipe apa yang no-frost?

    ReplyDelete
  17. Yang saya tau kulkas 1 pintu bebas bunga es tidak diproduksi di dalam negeri, walaupun ada beberapa yang memiliki itu biasanya membeli/membawa langsung dari luar/impor.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kenapa begitu pak? (tidak di produksi lagi)

      Delete
    2. Mungkin kurang ekonomis pak, yang saya tau ruang dalam nya lebih sempit jika dibanding kulkas 1 pintu biasa (direct cooling) yang lega karena tidak banyak komponen.

      Delete

- Klik "Load More...." diatas untuk melihat lebih banyak komentar.
- Silahkan berkomentar atau ajukan pertanyaan yang sesuai dengan artikel dan bukan spam.